Penyusunan Program Dan Anggaran Pagu Indikatif Tahun Anggaran 2014

.

 

Kegiatan ini diikuti para Panitera/Sekretaris, Wakil Sekretaris, Kepala Sub Bagian / Urusan Keuangan serta Operator RKA-KL. Pelaksanaan peyusunan program dan anggaran tahun 2014 ini dipandu tim dari Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI.

 

Sedangkan untuk pembukaannya sendiri dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Bapak Dr. H. Muh. Daming Sunusi, SH., M.Hum. Dalam sambutannya KPT Palembang berharap kepada seluruh peserta kegiatan mendapatkan bimbingan atau arahan dari TIM Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI dalam menyusun program dan anggaran, agar kebutuhan yang ada di daerah terpenuhi.

Kepala BUA MARI, Dr. Drs. H. Aco Nur, MH., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bagian Bimbingan dan Monitoring, RR Sri Widyastuti, SH., MM., bahwa Reformasi Perencanaan dan Penganggaran dilakukan untuk mengimplementasikan 3 (tiga) prinsip utama pengelolaan keuangan publik yang baik. Pertama, Disiplin Fiskal yaitu prinsip untuk mengontrol kebijakan fiscal secara konsisten. Kedua, Efisiensi Alokasi yaitu prinsip memastikan anggaran dialokasikan pada prioritas dan mencapai manfaat yang terbesar dari ketersediaan dana yang terbatas, dan Ketiga, Efisiensi Teknis dan Operasional, yaitu memastikan pelaksanaan anggaran dengan meminimalkan biaya untuk mencapai sasaran yang ditetapkan.

Kegiatan ini bertujuan agar Proses Penyusunan Program dan Penganggaran MA pada tahun 2014 akan menjadi lebih baik, akuntabel, dan efektif. Selain itu dengan waktu yang lebih awal dari biasanya, diharapkan apabila ada perubahan/ penyesuaian masih ada waktu di Pagu Anggaran/ Pagu Sementara. Selain itu, yang terpenting adalah Dengan melibatkan unsur Pengadilan tingkat Banding dan tingkat pertama, maka alokasi kegiatan dan anggaran masing-masing satuan kerja pengalokasiannya sesuai dengan kebutuhan (according to their needs) dan prioritasnya.