new.png

Berita Pengadilan

portfolio

Berita Pengadilan

Berisikan Menu Tentang Semua Berita Yang Terjadi Pada Pengadilan Tinggi Palembang Termasuk Juga Kumpulan Galeri Foto Kegiatan atau Kejadian di Pengadilan Tinggi Palembang

Struktur Organisasi

Standar Pelayanan

E-Court

Direktori Putusan

Penelusuran Perkara

Laporan Tahunan

RAPAT DINAS BULAN FEBRUARI 2021 PENGADILAN TINGGI PALEMBANG

 

IMG_3935.JPG IMG_3946.JPG

PT Palembang. Senin, 22 Februari 2021. Bertempat di ruang sidang Pengadilan Tinggi Palembang telah diadakan rapat dinas bulan Februari 2021. Rapat dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Bapak Dr. H. Kresna Menon, SH, M.Hum dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Bapak Pramodana K. K. Atmadja, SH, M.Hum.

Rapat juga dihadiri secara langsung oleh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Palembang dan para pejabat struktural. Sedangkan panitera pengganti dan pelaksana mengikuti rapat melalui aplikasi zoom meeting.

Agenda Rapat membahas laporan bulanan dari setiap sub bagian melalui hakim pengawas bidang, panitera, sekretaris, para panitera muda dan Kepala Sub Bagian.
Membahas hasil temuan para Hakim Pengawas Bidang dan membahas tindaklanjut dari temuan tersebut oleh setiap bagian.

IMG_3984.JPG IMG_3997.JPG

Dalam acara Rapat ini juga, Pengadilan Tinggi Palembang memberikan penghargaan kepada Pegawai teladan Tahun 2021, Role Model dan Agen Perubahan Tahun 2021. Serta dilanjutkan dengan perkenalan Hakim Tinggi yang baru melaksanakan tugas di Pengadilan Tinggi Palembang. Yang mendapatkan penghargaan yaitu:

Penetapan Sebagai Role Model dan Agen PerubahanPada Tahun 2021

1. Role Model Pimpinan Tahun 2021

    Dr. H. Kresna Menon, SH, M.Hum Ketua Pengadilan Tinggi Palembang

2. Role Model Hakim Tahun 2021

    Kemal Tampubolon, SH, MH Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Palembang

3. Role Model Pejabat Struktural Tahun 2021

    Madya Prasetya Mulya, SH Kepala Sub Bagian Rencana Program Dan Anggaran Pengadilan Tinggi Palembang

4. Agen Perubahan Tahun 2021

    Ahmad Ghufran, SE, MM Penyusun Laporan Keuangan Pengadilan Tinggi Palembang

 

Pegawai Teladan Pengadilan Tinggi Palembang Tahun 2021

1. Kategori Pejabat Struktural Tahun 2021

    Hj. Yuni Artika Sari, SE.Ak, SH, MH Kepala Sub Bagian Tata Usaha Dan Rumah Tangga Pengadilan Tinggi Palembang

2. Kategori Pejabat Fungsional Tahun 2021

    Yulianto, SH Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Palembang

3. Kategori Pelaksana Tahun 2021

    Tinda Wiranasari, SE, SH Analis Hukum Pengadilan Tinggi Palembang

 

Penghargaan Atas Dedikasi Dan Kontribusi Selama Menjadi Role Model dan Agen Perubahan Tahun 2020

 1. Role Model Pimpinan Tahun 2020

     Dr. H. Kresna Menon, SH, M.Hum Ketua Pengadilan Tinggi Palembang

 2. Role Model Hakim Tahun 2020

     Mien Trisnawaty, SH, MH Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Palembang

 3. Role Model Pejabat Struktural Tahun 2020

     Junaidi, S.Psi, M.Si Kepala Sub Bagian Keuangan Dan Pelaporan Pengadilan Tinggi Palembang

 4. Role Model Pejabat Teknis Tahun 2020

     Wartono, SH Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Palembang

 5. Agen Perubahan Tahun 2020

     Yulianti, SH Pengelola Barang Milik Negara Pengadilan Tinggi Palembang

(Rilis/Foto : Aas/Angga)

Foto-foto Kegiatan:

 

IMG_3956.JPGIMG_3957.JPGIMG_3960.JPG

IMG_3967.JPG IMG_3968.JPG

IMG_3979.JPG IMG_3990.JPG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RAPAT SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (SAKIP) TAHUN 2020 PADA PENGADILAN TINGGI PALEMBANG

foto rapat sakip (7).jpeg foto rapat sakip (8).jpeg

Palembang, Kamis 18 Februari 2021 yang bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Tinggi Palembang telah diadakan rapat penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah  (SAKIP) Pengadilan Tinggi Palembang Tahun 2020. Rapat dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Dr. H. Kresna Menon, SH, M.Hum. Dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Pramodana K.K. Atmadja, SH, M.Hum, Hakim Tinggi Kemal Tampubolon, SH, MH dan Dr.. Yapi, SH, MH dan seluruh Bagian Kepaniteraan dan Kesekretariatan Pengadilan Tinggi Palembang.

SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku.

foto rapat sakip (1).jpeg foto rapat sakip (13).jpeg

Dalam rapat ini membahas Laporan Kinerja Pengadilan Tinggi Palembang yang merupakan perwujudan pertanggungjawaban atas pencapaian kinerja sasaran strategis Tahun Anggaran 2020.

Laporan SAKIP terdiri atas dokumen perencanaan, pengukuran, pelaporan, evaluasi dan capaian. Secara terperinci Dokumen SAKIP terdiri atas Rencana Strategis (Renstra), Lembar Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP), Indikator Kinerja Utama (IKU), Perjanjian Kinerja Tahunan (PKT), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), dan Rencana Aksi. Kesemua dokumen SAKIP akan diselesaikan oleh Pengadilan Tinggi Palembang. (Rilis/Foto : Aas/Angga).

Foto-foto kegiatan:

foto rapat sakip (2).jpeg foto rapat sakip (4).jpeg

foto rapat sakip (5).jpeg foto rapat sakip (6).jpeg

KETUA PENGADILAN TINGGI PALEMBANG MENGIKUTI SIDANG PLENO ISTIMEWA LAPORAN TAHUNAN 2020 MAHKAMAH AGUNG RI SECARA VIRTUAL

IMG_3875.JPG IMG_3891.JPG

Palembang, 17 Februari 2021 bertempat di ruang sidang Pengadilan Tinggi Palembang. Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Dr. H. Kresna Menon, SH, M.Hum menyaksikan dan mengikuti secara vrtual acara Sidang Pleno Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung Tahun  melalui Aplikasi Zoom Meeting.

Pelaksanaan Sidang Pleno Istimewa Laporan Tahunan diikuti oleh Para Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Banding dan Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Pertama diseluruh Indonesia serta para undangan dan warga peradilan di seluruh Indonesia melalui saluran live streaming dari satuan kerja masing-masing.

IMG_3877.JPG IMG_3882.JPG


Sidang Pleno Istimewa tersebut dihadiri pula oleh Presiden Republik Indonesia, Wakil Presiden Republik Indonesia, Para Pimpinan Lembaga Negara lainnya.

Mengusung tema "OPTIMALISASI PERADILAN MODERN BERKELANJUTAN". (Rilis/Foto : Aas/Angga).

Foto-foto kegiatan:

IMG_3885.JPG IMG_3886.JPG

IMG_3888.JPG IMG_3890.JPG

 

 

 

 

 

KETUA PENGADILAN TINGGI PALEMBANG MENERIMA KUNJUNGAN DARI UIN RADEN FATAH PALEMBANG

IMG_3871.JPG IMG_3857.JPG

Palembang. Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Dr. H. Kresna Menon, SH, M.Hum menerima kunjungan dari UIN Raden fatah Palembang. Pada hari kamis tanggal 11 Februari 2021. Turut mendampingi  yaitu Humas Pengadilan Tinggi Palembang Kusnawi Mukhlis, S.H., M.H, R. Sabarrudin Ilyas, SH, M.Hum, Bambang Guritno, BC.HK, SH serta Sekretaris PengadilanTinggi Palembang Reno Sugiarto, SH, MH.

Kunjungan ini merupakan bentuk silahturahmi sekaligus melakukan Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN RAden Fatah Palembang dengan Ketua Pengadilan Tinggi Palembang.

IMG_3852.JPG IMG_3853.JPG

Penandatangganan Memorandum of Agreement (MoA) dilakukan langsung ketua Pengadilan Tinggi Palembang Dr. H. Kresna Menon, SH, M.Hum dengan Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum Dr. H. Marsaid, MA disaksikan  oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si,

Tujuan MoA tersebut untuk memperkuat kerjasama dalam hal tri darma perguruan tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat khususnya dalam hal pengajaran di Fakultas Syari’ah dan Hukum serta Program Praktik Latihan Kemahiran Hukum (PLKH). (Rilis/Foto : Aas/Dewi)

Foto-foto kegiatan:

IMG_3864.JPG IMG_3869.JPG

 

KETUA DAN WAKIL KETUA PENGADILAN TINGGI PALEMBANG MENYAKSIKAN ACARA PENGUKUHAN KETUA MARI MENJADI GURU BESAR PADA UNIVERSITAS DIPONEGORO

IMG_3825.JPG IMG_3835.JPG

Palembang. Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Dr. H. Kresna Menon, SH, M.Hum dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Pramodana K.K. Atmadja, SH, M.Hum menyaksikan dan mengikuti secara vrtual acara pengukuhan Ketua Mahkamah Agung RI Dr. H. M. Syarifuddin, SH., MH menjadi Guru Besar Tidak Tetap Dalam Bidang Ilmu Hukum Pidana Universitas Diponegoro, pada Kamis 11 Febuari  2021 bertempat digedung Prof Soedarto, SH Universitas Diponogoro Semarang.

Adapun orasi ilmiah yang disampaikan berjudul: “Pembaruan Sistem Pemidanaan Dalam Praktik Peradilan Modern: Pendekatan Heuristika Hukum”. Bahwa Hakim, Hukum dan Keadilan digambarkan sebagai Tritunggal yang tidak dapat dipisahkan. Peran penting Hakim adalah menyeleraskan hukum dan keadilan tersebut. Menafsirkan aturan, membentuk norma baru, mendorong gerak pembaruan hukum adalah represtasi proses kreatif dalam menerima dan memutus perkara. Sedangkan menjatuhkan pidana merupakan kulminasi dari pergulatan nurani dan kerja kreatif hakim untuk menegakkan hukum dan keadilan. Pengalaman membentuk pemahaman bahwa penegakan hukum sejatinya adalah seni yang memerlukan perlakuan khusus dari aktor pelaksananya yaitu hakim. Dan dalam hal ini pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan heuristika hukum. (Riils/Foto: Aas/Angga)

Foto-foto kegiatan:

IMG_3824.JPG IMG_3826.JPG

IMG_3840.JPG IMG_3841.JPG

PTSP PT Palembang

fade

PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

fade