new.png

Berita Pengadilan

portfolio

Berita Pengadilan

Berisikan Menu Tentang Semua Berita Yang Terjadi Pada Pengadilan Tinggi Palembang Termasuk Juga Kumpulan Galeri Foto Kegiatan atau Kejadian di Pengadilan Tinggi Palembang

Struktur Organisasi

Standar Pelayanan

E-Court

Direktori Putusan

Penelusuran Perkara

Laporan Tahunan

PENYEMPROTAN DISINFEKTAN PADA KANNTOR PENGADILAN TINGGI PALEMBANG

WhatsApp Image 2021-01-14 at 18.00.01.jpeg WhatsApp Image 2021-01-14 at 17.59.36.jpeg 

WhatsApp Image 2021-01-14 at 18.05.03.jpeg WhatsApp Image 2021-01-14 at 18.05.03(1).jpeg

PT PALEMBANG. Sebagai bentuk aksi cepat tanggap dalam mencegah penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), Pengadilan Tinggi Palembang melakukan penyemprotan disinfektan di gedung kantor Pengadilan Tinggi Palembang pada hari Kamis (14/01/2021).

Sebelumnya salah seorang pegawai Pengadilan Tinggi Palembang telah terpapar covid-19 dan melalui surat keputusan Ketua Pengadilan Tinggi Palembang nomor W6-U/0283/KP.01.1/I/2021 tentang Penutupan sementara Kantor Pengadilan tinggi Palembang dalam rangka antisipasi penyebaran wabah virus covd 19 pada hari Jumat tanggal 15 Januari 2021.

Penyemprotan diseinfektan dilakukan terhadap seluruh ruangan kantor Pengadilan Tinggi Palembang. Tim melakukan penyemprotan dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) secara lengkap seperti helm, masker, kacamata pelindung, sarung tangan, sepatu boots dan mesin penyemprot. Penyemprotan disinfektan tidak hanya dilakukan di ruang public seperti ruang tunggu (Lobby) dan ruang PTSP, tetapi seluruh ruangan hakim dan pegawai, mushalla, ruang sidang, kendaraan dinas dan lain-lain.

Penyemprotan disinfektan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dari potensi paparan virus covid 19 yang semakin meresahkan masyarakat. Pengadilan Tinggi Palembang berupaya melakukan tindakan preventif dan mendukung uapaya-upaya pencegahan terhadap penyebaran covid-19 ini.

(Rilis/Foto : Aas/Hendra)

Foto Kegiatan:

WhatsApp Image 2021-01-14 at 18.05.04.jpeg WhatsApp Image 2021-01-14 at 18.05.06.jpeg

WhatsApp Image 2021-01-14 at 18.05.06(1).jpeg WhatsApp Image 2021-01-14 at 18.05.09.jpeg

WhatsApp Image 2021-01-14 at 18.05.10.jpeg

RAPAT TIM BAPERJAKAT PENGADILAN TINGGI PALEMBANG

WhatsApp Image 2021-01-14 at 17.46.21.jpeg WhatsApp Image 2021-01-14 at 17.46.22.jpeg

WhatsApp Image 2021-01-14 at 17.46.23.jpeg WhatsApp Image 2021-01-14 at 17.46.27.jpeg

PT Palembang. Kamis, 14 Januari 2021. Bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Tinggi Palembang dilaksanakan Rapat Tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pengadilan Tinggi Palembang, Rapat Tim Baperjakat ini dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Bapak Pramodana K.K. Atmadja, SH. MHum. selaku Ketua Baperjakat dan dihadiri oleh Hakim Tinggi Pengawas Bidang Kepegawaian, Panitera dan Sekretaris, Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian, Kepala Sub Kepegawaian dan IT Pengadilan Tinggi Palembang selaku anggota Baperjakat.

Dalam Rapat Baperjakat ini membahas mengenai usulan jabatan struktural dan fungsional serta mutasi sebanyak 7 (Tujuh) usulan pegawai/pejabat  yang berada di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Palembang. Rapat berlangsung dengan lancar dan hasil dari Rapat tersebut nantinya akan disampaikan kepada Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Palembang sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kebijakan dan mengusulkan nama pegawai/pejabat tersebut untuk promosi serta mutasinya kepada pimpinan Mahkamah Agung RI.

(Rilis/Foto : Aas/Eka)

PENGAMBILAN SUMPAH/JANJI ADVOKAT KONGRES ADVOKAT INDONESIA (KAI) DI WILAYAH PENGADILAN TINGGI PALEMBANG

IMG_2985.JPG IMG_2979.JPG

PT Palembang. Rabu, 13 Januari 2021 bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Tinggi Palembang dilaksanakan Pengambilan Sumpah/Janji Advokat Kongres Advokat Indonesia (KAI) Di Wilayah Pengadilan Tinggi Palembang sebanyak 12 Advokat.

Acara Pengambilan sumpah/janji Advokat Kongres Advokat Indonesia (KAI)  dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Bapak Dr. H. Kresna Menon, SH., M.Hum, bertindak sebagai saksi adalah Panitera Ibu Sumarlina, SH, MH dan Panitera Muda Perdata Bapak Drs, Fachruddin Zen, SH, MH. Acara berlangsung khidmat dihadiri oleh Wakil Ketua, para Hakim Tinggi dan Hakim Ad Hoc Tipikor Pengadilan Tinggi Palembang, Panitera dan Sekretaris  Pengadilan Tinggi Palembang  serta tamu undangan.

IMG_2964.JPG IMG_2966.JPG

Mengawali sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Bapak Dr. H. Kresna Menon, SH., M.Hum mengucapkan Selamat kepada para advokat yang baru diambil sumpahnya dan sesuai pasal 4 ayat 1 UU No 18 Tahun 2003, sebelum menjalankan profesi advokat wajib bersumpah atau berjanji sesuai dengan agamanya.

Advokat adalah penegak hukum, bebas dan mandiri dijamin oleh hukum dan perundang-undangan. Kemandirian advokat dalam pengertian bukan tidak terbataas tetapi dibatasi oleh hukum dan perundang-undangan yang berlaku dan kode etik dari advokat sendiri.

Advokat dalam memberikan jasa hukum baik didalam persidangan mendampingi/kuasa klien maupun diluar persidangan mendampingi/kuasa klien hendaknya dapat dipertanggungjawabkan baik secara hokum (legal  justice), moral justice, social justice.

Pengadilaan selalu meningkatkan pelayanan  kepada pengguna pengadilan, peradlan yang cepat sederhana, biaya  ringan dan transparansi serta akuntable, setiap pengadilan tersedia ptsp dan biaya perkara yang jelas, serta bisa menghitung baya berpekara sendiri, karena jelas aturan dan sudah ada penetapan rincian biaya.

Untuk mempercepat proses beracara dalam perkara perdata  persidangan dengan aplikasi e-court dan e-litigasi, mempermudah advokat bisa beracara satu hari lebih dari satu perkara (Perma No. 1 tahun 2019) dan dalam perkara pidana aplikasi daring, sidang secara elektronik terdakwa diperiksa secara teleconference dari rumah tahanan yang dapat didampingi oleh penasihat hukum (Perma No. 4 tahun 2020).

Diakhir sambutannya beliau berharap sesama penegak hukum sama-sama menjunjung tinggi hukum dan keadilaan dan apabila terjadi pelanggaran etik oleh aparat peradilan dapat menyampaikan kritik atau saran maupun pengaduan baik langsung melalui petugas PTSP atau aplikasi SIWAS atau melalui surat, pasti akan ditindaklanjuti.

Selamat bekerja dan mengabdi ditengah masyarakat.

(Rilis/Foto : Aas/Angga)

Foto Kegiatan:

IMG_2967.JPG IMG_2971.JPG

IMG_2986.JPG IMG_2992.JPG

PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN, PELANTIKAN DAN SERAH TERIMA KETUA PENGADILAN NEGERI PRABUMULIH PADA PENGADILAN TINGGI PALEMBANG

IMG_2724.JPG IMG_2818.JPG

PT Palembang. Selasa, 12 Januari 2021 bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Tinggi Palembang dilaksanakan Pengambilan Sumpah Jabatan, Pelantikan dan Serah Terima Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih Dari Saudara . A.A. Oka Parama Budita Gocara, SH, MH Kepada Saudari Yanti Suryani, SH, MH

Acara Pengambilan Sumpah Jabatan, Pelantikan dan Serah Terima dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Bapak DR. H. Kresna Menon, SH., M.Hum dan bertindak sebagai saksi Hakim Tinggi Ibu Nursiah Sianipar, S.H., M.H.  dan Hakim Tinggi Bapak R. Matras Supomo, SH, MH . Acara berlangsung khidmat dihadiri oleh Wakil Ketua, para Hakim Tinggi dan Hakim Ad Hoc Tipikor Pengadilan Tinggi Palembang, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Palembang, para Ketua Pengadilan Negeri se Sumatera Selatan, seluruh pejabat dan staf Pengadilan Negeri Prabumulih  dihadiri juga keluarga besar Ibu Yanti Suryani, SH, MH serta tamu undangan.

IMG_2757.JPG IMG_2764.JPG

Mengawali sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Bapak Dr. H. Kresna Menon, SH., M.Hum mengucapkan selamat kepada pejabat baru Sdr. Yanti Suryani, SH., MH sebagai Ketua Pengadilan Negeri Prabumulih, bahwa jabatan yang diberikan adalah suatu prestasi dan penghargaan dari Mahkamah Agung RI dan untuk menjadi pimpinan tidak cukup hanya memenuhi persyaratan kepangkatan tetapi juga penilaian kinerja dan integritas serta lulus dari fit and proper test.

Dalam sambutannya beliau juga mengingatkan kepada Ketua yang baru untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan kepada saudara, menjadi pemimpin dituntut tanggung jawab yang lebih besar dalam mewujudkan visi dam misi lembaga peradilan, pengadilan Negeri Prabumulih yang agung. Sebagai pemimpin harus bisa menjadi role model, menjadi panutan dan tauladan satker yang dipimpinnya. Sebagai pemimpin harus bisa menjalin kerja sama dengan Wakil Ketua dan aparatur pengadilan baik Panitera dan Sekretaris, hakim-hakim dan seluruh aparat peradilan dan juga instansi penegak hukum lainnya serta forum pimpinan daerah secara profesional dan proporsional.

IMG_2789.JPG IMG_2794.JPG

Diakhir sambutannya beliau berharap kepada pejabat baru harus menguasai tupoksi dan juga mengikuti perkembangan hukum dan kebijakan Mahkamah Agung RI salah satunya yaitu administrasi dan persidangan perkara pidana secara daring (elektronik)  sesuai PERMA No. 4 Tahun 2020 diminta lakukan koordinasi dengan penyidik, penuntut umum, Karutan/Lapas dan sosialisasikan kepada masyarakat/advokat.

Kepada pejabat lama saudara A.A. Oka Parama Budita Gocara, SH, MH dan keluarga atas nama Pimpinan PT Palembang mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa saudara selama memimpin PN Prabumulih dan DYK cabang Prabumulih. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmatnya kepada saudara bersama keluarga dan selamat atas Promosi Saudara di tempat tugas yang baru selalu rukun bersama dengan keluarga dan sukses dalam melaksanakan tugas Negara dalam bidang penegakan hukum.

Setelah berakhir acara Pengambilan sumpah dan pelantikan dilanjutkan dengan kata perkenalan dari Ketua PN Prabumulih yang baru dilantik dilanjutkan pemberian ucapan selamat dari Bapak Ketua Ketua Pengadilan Tinggi Palembang, Bapak Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Palembang serta segenap tamu dan undangan. (Rilis/Foto :Aas/Angga)

Foto Kegiatan:

IMG_2830.JPG IMG_2891.JPG

IMG_2852.JPG IMG_2882.JPG

IMG_2730.JPG

 

 

.

 

 

RAPAT AWAL TAHUN BERSAMA HAKIM TINGGI PENGADILAN TINGGI PALEMBANG

IMG_2640.JPG IMG_2641.JPG

IMG_2645.JPG IMG_2646.JPG

IMG_2655.JPG IMG_2672.JPG

PT PALEMBANG. Senin (11/01), bertempat di ruang sidang Pengadilan Tinggi Palembang telah diadakan rapat seluruh hakim tinggi Pengadilan Tinggi Palembang.

Rapat ini adalah rapat awal tahun antara Ketua Pengadilan Tinggi Palembang, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Palembang dengan Seluruh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Palembang.

Rapat membahas evaluasi kinerja pembagian shift WFO dan WFH akibat dari adanya wabah Covid-19, disiplin kerja, Penggawasan bidang, pengaawasan daerah, Sosialisassi SIPP dan e-Court.

Ketua Pengadilan Tinggi  mengharapkan kepada Tim Inovasi untuk  terus mengembangkan Aplikasi SIPINTER dan membuat inovasi-inovasi baru guna pelayanan yang ada di Pengadilan Tinggi Palembang. Ketua Pengadilan Tinggi Palembang mengajak kepada seluruh hakim tinggi untuk bersama-sama tetap menjalani protokol kesehatan pencegahan wabah Covdd-19, menjaga kinerja agar Pengadilan Tinggi Palembang tetap dapat mempertahankan akreditasi A dan lulus Zona Integritas. Karena hakim merupakan role model, penggerak, serta unsur utama dalam teknis Pengadilan.

Sedangkan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Palembang juga mengajak untuk terus meningkatkan kedisiplinan kerja, mengevaluasi pekerjaaan dan perkarra.

(Rilis/foto :Aas//Hendra)

PTSP PT Palembang

fade

PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

fade